Cara Mengatasi Selection Tool Adobe Illustrator Yang Tidak Dapat Transform Objek

Cara Mengatasi Selection Tool Adobe Illustrator Yang Tidak Dapat Transform Objek

Ismail
Diupdate oleh Ismail
1 - 2 menit

Halo selamat datang di Identips! Selection tool merupakan salah satu tool Adobe Illustrator yang paling sering diguakan ketika menggunakan Adobe Illustrator. Fungsi utama dari Selection Tool adalah untuk menyeleksi objek yang ingin diedit, selain itu kamu juga dapat menggunakan Selection Tool untuk melakukan transformasi pada objek seperti mengubah ukuran objek dan memutar atau merotasi objek.

Namun dalam beberapa kasus Selection Tool pada Adobe Illustrator ini hanya dapat digunakan untuk melakukan transformasi pada objek dan hanya dapat digunakan untuk menyeleksi objek saja. Artinya kita tidak dapat mengatur ukuran seperti memperbesar ataupun memperkecil objek menggunakan Selection Tool dan juga kita tidak dapat memutar objek dengan Selection Tool. Hal ini tentu akan membuat kita kesulitan dalam mengatur objek, karena untuk melakukan transformasi pada objek kita harus menggunakan Transform Panel. Ternyata kasus seperti ini terjadi karena Bounding Box tidak ditampilkan atau tersembunyi. Cara Mengatasi Selection Tool Adobe Illustrator Yang Tidak Dapat Transform Objek


Untuk mengatasi masalah tersebut adalah kita cukup menampilkan Bounding Box, berikut caranya:

Cara menampilkan Bounding Box Adobe Illustrator

Untuk menampilkan Bounding Box Adobe Illustrator cukup ikuti langkah berikut:

Pilih View

Pilih View Langkah pertama arahkan kursor pada menu View yang ada di Menu Bar Adobe Illustrator.

Klik Show Bounding Box

Klik Show Bounding Box Kemudian klik Show Bounding Box, maka Bounding Box akan segera tampil.


Cara menampilkan Bounding Box Adobe Illustrator menggunakan Shortcut

Kamu juga dapat menampilkan Bounding Box menggunakan shortcut dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + B pada keyboard. Kamu juga dapat menggunakan shortcut ini untuk menyembunyikan kembali Bounding Box.


Sekarang kamu sudah kembali bisa menggunakan Selection Tool untuk transform objek, jika kamu memiliki pertanyaan terkait artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar.