Gradasi Warna Adobe Illustrator

Gradasi Warna Adobe Illustrator

Halo selamat datang di Identips! Pada artikel ini saya akan memberikan panduan penggunaan Adobe Illustrator untuk pemula. Panduan ini saya bagi menjadi beberapa bagian. Bagian ini merupakan bagian pengenalan cara membuat gradasi warna di Adobe Illustrator. Bagian lainnya saya cantumkan pada akhir Artikel.

Gradasi warna adalah corak warna yang dikembangkan dari peralihan dua warna atau lebih. Misalnya peralihan warna dari warnah hitam ke warna putih akan menghasilkan corak warna seperti berikut:

Gradasi Warna Adobe Illustrator

Lalu bagaimana cara untuk membuat gradasi warna di Adobe Illustrator? Di Adobe Illustrator terdapat Gradient Tool Gradient Tool dan Gradient Panel yang berfungsi untuk mengatur gradasi warna. Caranya adalah sebagai berikut, atau lihat juga artikel sebelumnya tentang cara penggunaan warna di Adobe Illustrator

Tools untuk membuat gradasi warna di Adobe Illustrator

Ada tiga tool yang dapat kamu gunakan untuk membuat gradasi warna pada objek di Adobe Illustrator diantaranya adalah Gradient, Gradient Tool dan Gradient Panel.

1. Gradient

Menggunakan Gradient yang ada pada tools pewarnaan di Toolbars Adobe Illustrator adalah cara paling sederhana untuk membuat sebuah gradasi warna pada objek. Caranya yaitu :

  1. Pilih objek yang ingin kamu beri gradasi warna menggunakan Selection Tool Selection Tool.
  2. Klik ikon Gradient pada tools pewarnaan di Toolbars Adobe Illustrator Gradasi Warna Adobe Illustrator

Namun secara default, gradasi warna yang terlihat adalah gradasi warna hitam dan putih, untuk mengatur atau menambah warna kamu kamu dapat menggunakan Gradient Panel .

2. Gradient Tool

Gradient Tool merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk mengatur arah dan posisi gradasi warna objek. Cara menggunakannnya adalah:

  1. Aktifkan Gradient Tool dengan cara klik ikon Gradient Tool pada Toolbars
  2. Klik Objek yang ingin diberikan gradasi warna, maka objek yang di klik akan menampilkan efek gradasi warna sesuai dengan gradasi warna yang sedang aktif pada Gradient Panel. Setelah itu maka akan tampil sebuah pengontrol pada objek yang kamu pilih tadi. Kamu dapat mengatur arah dan posisi gradasi warna lewat pengontrol tersebut.

3. Gradient Panel

Gradient Panel merupakan panel yang berisi tools yang berfungsi untuk mengatur warna gradasi. Untuk menampilkan Gradient Panel, pilih Window > Gradient, atau menggunakan shortcut Ctrl + F9. Tampilan Gradient Panel deperti berikut ini:

Gradasi Warna Adobe Illustrator

Keterangan:

No.Fungsi
1Gradasi warna yang sedang aktif atau gradasi warna yang digunakan sebelumnya, fungsi dari tool ini persis dengan tool Gradient yang ada pada Toolbars.
2Menu dropdown yang berfungsi untuk menampilkankan palet gradasi warna.
3Fill Color, berfungsi untuk mengaktifkan fill.
4Stroke Color, berfungsi untuk mengaktifkan stroke.
5Reverse Gradient, berfungsi untuk membalik arah gradasi warna.
6Gradient Annotator, anotasi untuk mangatur stop color dan mid point.
7Color Stop, berfungsi sebagai pembatas warna efek gradasi.
8Mid Point, titik tengah dari gradasi warna.
9Gradient Type, untuk mengatur tipe gradasi. Disini kamu dapat memilih tipe gradasi linear atau radial.
10Stroke Types, untuk mengatur tipe gradasi garis pinggi pada objek. Bagian ini akan aktif ketika kamu mengaktifkan Stroke (lihat nomor 4).
11Angle, untuk mengatur arah gradasi pada objek.
12Aspect Ratio, berfungsi untuk mengatur aspect ratio ketika kamu mengaktifkan tipe gradasi radial.
13Delete Stop, berfungsi untuk mengahapus Color Stop.
14Opacity, berfungsi untuk mengatur transparasi dari Color Stop.
15Location, berfungsi untuk mengatur posisi Color Stop pada Gradient Annotator.

Cara memberi gradasi warna di Adobe Illustrator

Untuk memulai memberikan gradasi warna pada objek di Adobe Illustrator kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih objek yang ingin kamu beri gradasi warna menggunakan Selection Tool Selection Tool (1). Kemudian arahkan kursor pada menu dropdown untuk menampilkan palet gradasi warna (2), lalu pilih gradasi warna yang kamu inginkan (3). Gradasi Warna Adobe Illustrator

  2. Untuk mengatur warna gradasi kamu hanya perlu untuk mengatur warna Stop Color. Untuk mengubah warna Stop Color, klik ganda Color Stop maka akan muncul sebuah palet wana (4), lalu pilih warna yang kamu inginkan (5), maka warna Stop Color akan berubah. Gradasi Warna Adobe Illustrator Kamu juga dapat langsung menggeser warna langsung dari Swatches Panel ke Color Stop. Gradasi Warna Adobe Illustrator Jika warna Stop Color sudah berubah maka warna gradasi pada objek juga akan berubah. Gradasi Warna Adobe Illustrator. Kamu juga dapat mengatur Opacity dan Location Color Stop, menggunakan menu Opacity atau Location yang ada pada Gradient Panel.

  3. Untuk menambah Color Stop kamu cukup mengarahkan kursor tepat dibawah Gradient Annotator (6) tempat kamu ingin mengmbahkan Stop Color kemudian klik kiri pada mouse, maka aakan tampil sebuah Color Stop baru (7). Gradasi Warna Adobe Illustrator. Selain itu kamu juga dapat juga dapat langsung menggeser warna langsung dari Swatches Panel ke Gradient Annotator. Gradasi Warna Adobe Illustrator.

  4. Selanjutnya kamu bisa mengatur tipe gradasi, menu Type pada Gradient Panel. Kamu dapat memilih Type Linear atau Radial. Gradasi Warna Adobe Illustrator. Kamu juga dapat mengatur type Stroke, kamu dapat memilih within stroke, along stroke atau across stroke. Gradasi Warna Adobe Illustrator. Kamu juga dapat mengatur type Stroke, kamu dapat memilih within stroke, along stroke atau across stroke.

  5. Untuk mengatur Angle dan Lokasi gradient kamu dapat menggunakan Gradient Tool, sebenarnya kamu juga dapat mengaturnya melalui Gradient Panel, tapi menurut saya menggunakan Gradien Tool akan lebih efektif.


Sekian Artikel tentang gradasi warna di Adobe Illustrator, jika ada yang kurang dipahami, silahkan tanyakan melalui kolom komentar.