Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis

Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis

Ismail
Diupdate oleh Ismail
1 - 2 menit

Halo selamat datang di Identips! Sebelumnya saya sudah pernah membahas SVG: Scalable Vector Graphic. Pada artikel ini saya akan membahas cara membuat gambar SVG (Scalable Vector Graphic) menggunakan software desain grafis.

Apabila cara membuat SVG menggunakan text editor yang telah kita bahas sebelumnya menurutmu sedikit ribet, kamu juga bisa membuat SVG menggunakan software desain grafis dengan syarat software yang kamu gunakan merupakan software desain grafis berbasis vektor seperti Adobe Ilustrator, CorelDRAW dan lainnya, bukan software desain grafis berbasis bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada dasarnya cara untuk membuat SVG menggunakan software desain grafis sama dengan membuat gambar lainnya, karena SVG merupakan ekstensi file vektor.

Cara Membuat SVG dengan Software Desain Grafis

Untuk membuat gambar SVG menggunakan software desain grafis caranya sama dengan membuat gambar lainnya Adobe Ilustrator, CorelDRAW dan software desain grafis berbasis vektor lainnya. Caranya yaitu membuat gambar yang kamu inginkan pada lembar kerja, kemudian menyimpannya sebagai dengan format file .SVG dengan cara pilih menu File > Save As pilih ekstensi file .SVG kemudian klik Save.

Sebagai contoh saya akan mempraktikkan cara membuat SVG menggunakan Adobe Illustrator

Cara membuat SVG menggunakan Adobe Illustrator

  1. Buka software Adobe Illustrator kemudian buat dokumen baru melalui menu File > New atau gunakan shortcut Ctrl + N Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis Perhatikan gambar diatas, bagian atas Artboard merupakan sumbu y dan bagian kiri artboard merupakan sumbu x.

  2. Mulailah membuat sebuah objek, misalnya lingkaran. Kamu dapat menggunakan

    Ellipse Tool yang ada pada toolbars. Agar bentuk lingkaran bisa bulat sempurna tekan tombol Shift pada keyboard saat membuat lingkaran. Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis Agar posisi gambar bisa lebih presisi kamu dapat mengatur posisi gambar terhadap sumbu x dan sumbu y melalui menu Transform yang ada pada Control Panel Adobe Illustrator. Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis

  1. Sekarang simpan dokumen yang telah kamu buat dengan ccara pilih menu File > Save As pilih ekstensi file .SVG kemudian klik Save. Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis Selanjutnya akan muncul window seperti ini Cara Membuat SVG Menggunakan Software Desain Grafis Kamu dapat klik Ok untuk menyimpan file SVG dan atau klik SVG Code untuk melihat kode SVG melalui web browser.

Itulah diatas cara membuat SVG menggunakan software desain grafis. Untuk melihat semua topik SVG yang pernah saya tulis di Identips silahkan klik tombol #SVG dibawah ini.